Minggu, 05 Desember 2010

EAT PRAY LOVE, antara Film dan Novel

Pertama kali mengenal kata - kata tersebut pada saat menonton acara oprah winfrey show di stasiun Metro Tivi, ternyata itu adalah judul sebuah novel karya Elizabeth Gilbert yang pada saat tayang merupakan novel best seller di negara paman sam.
Buku-buku Oprah biasa mendapatkan label oprahbook dan sudah menjadi garansi kalau buku-buku yang telah menjadi koleksinya adalah buku-buku yang terjamin kualitasnya.

Dan, beberapa waktu kemudian di televisi muncul tentang pembuatan film eat pray love di Bali dengan bintang utama aktris oscar Julia Robert, bersamaan dengan tayangnya film tersebut di Indonesia akhirnya novelnya dapat dinikmati.
Dengan nama besar Julia Robert dan Novel yang best seller, pasti novel dan film tersebut akan menjadi film yang hebat .
Berikut ini adalah novel yang diadaptasi ke film :
1. Davinci code-nya Dan Brown
2. Laskar pelangi-nya Andrea Herata
3. Eragon-nya Christoper Paolini
4. Sang Pemimpi-nya Andrea Hirata
5. Twiligt dll -nya Stephenie Meyer
6. Harry Potter-nya JK Rowling
7. dll
Menurutku dari sekian novel yang diadaptasi ke film, hanya Laskar pelang, dan Harry Potter yang filmnya dapat mendekati kualitas novel-nya.

kembali ke Eat pray love.
Satu hal yang hilang dari film ini adalah pergulatan batin Liss ( Elizabeth Gilbert )tidak dikemas dengan baik. Konflik batin seorang wanita yang harus kehilangan segalanya demi pencarian identitas diri tidak dapat diwakili di film tersebut.
Ketika harus ke India dan menginap di ashram , situasi dan pengalaman liss tidak dapat dikomunikasikan oleh fil tersebut kepada pemirsanya.
Penampilan Ketut Lyer-pun serasa kurang sreg dengan dialog-dialog yang terbatas.
Kejeniusan Julia Robert dalam film ini kurang dapat dilihat.
Tapi, apapun itu, kita tetap harus berbangga diri karena Bali sebagai satu kesatuan wilayah Indonesia ternyata telah sedemikian terkenal sebagai destinasi wisata dan tempat pelarian orang-orang di seluruh penjuru dunia yang sedang mencari identitas diri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar