Rabu, 09 November 2011

Kata Guru Sejarah , Hari Pahlawan itu pada tanggal 10 November.

Mengutip F.Scott Fitzgerald ( 1896 - 1940 ) " show me a hero and i write you a tragedi " maka dalam rangka memperingati hari pahlawan yang telah dilupakan , berikut ini postingan dari Tempointeraktif.Com .
Artikel ini di buat tahun 2006, jauh sebelum diangugrahkannya gelar pahlawan nasional oleh Presiden Susili Bambang Yudoyono sebagai salah seorang dari tujuh nama penerima gelar, tahun ini yaitu 5 tahun setelah artikel ini dirilis .

Seperti halnya masyarakat Indonesia pada umumnya yang lebih mengenal Mark Z ( Z- nya lupa dan gak bisa nulismya ) atau Steve Jobs ( pendiri Apple , i-pad dll ) maka nama Syafruddin Prawiranegara adalah sosok no body knows, gak penting bahkan gak usah tahu.

Ini bukan tentang romantisme atau lebaynisme, tapi bahwa kita cenderung mengingat dan mengenal orang atau tokoh yang jauh dari keseharian kita, dibandingkan dengan orang - orang disekitar kita yang keberadaannya lebih berarti tapi sering kita abaikan.


Sederhana Hingga Akhir Hayat

Selasa, 01 Agustus 2006 | 18:00 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Menjadi istri pejabat tinggi setingkat Menteri Keuangan belum tentu aman dari risiko kebijakan ekonomi pemerintah. Tengku Halimah Syafruddin Prawiranegara, 89 tahun, justru sebaliknya.

Pada 1950 Ia terhenyak tepat saat menerima gaji suami yang tidak seberapa dan harus dipotong setengah. Ia bersama rakyat Indonesia turut merasakan tajamnya "gunting Syafruddin", kebijakan untuk memotong dua uang di atas Rp 5. Setengahnya dipinjamkan kepada negara yang saat itu sedang kesulitan dana.

“Kok tidak bilang-bilang?” protesnya kepada suami seperti ditirukan anak keduanya, Salviyah Prawiranegara Yudanarso atau Vivi, 63 tahun. Namun Syafruddin menjawab: “Kalau bilang-bilang tidak rahasia dong." Kebijakan pemerintah yang ditandatangani oleh Syafruddin itu memang bersifat rahasia.

Putri Tengku Raja Syehabuddin ini pun harus kas bon ke Kementerian Keuangan untuk menghidupi 8 anaknya. Utangnya terus bertambah dan baru dilunasi saat Syafruddin menjabat Presiden Direktur The Javasche Bank (Bank Indonesia) tahun 1951.

Tujuh tahun menikmati enaknya hidup sebagai istri Gubernur BI dan tinggal di Jalan Diponegoro Nomor 39 Menteng Jakarta Pusat, Halimah sempat mengumpulkan perhiasan. Namun, itu tak lama karena Syafruddin bersama rekan-rekannya dari partai Masyumi menentang Soekarno yang membubarkan Konstituante.

Sebenarnya Syafruddin, ujar Vivi, tidak ikut menandatangani perjanjian Sungai Dareh sebagai simbol perlawanan Pasukan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI)-Permesta. Namun, karena Syafruddin memiliki sikap “sama-sama menanggung risiko” jadilah Syafruddin dan keluarga turut mengalami hidup sebagai pemberontak.

Halimah yang masih kemenakan Kesultanan Banten, harus hidup di Hutan Bukit Barisan selama 4 tahun. Hutan itu memanjang dari Sungai Dareh Sumatera Barat hingga Pinarik Tapanuli Utara Sumatera Selatan. Ia harus lari terbirit-birit saat melewati hutan pacet, atau gemetar ketakutan saat bertemu harimau dan safir, ditembaki rumahnya dan harus tinggal di sungai agar tak terlacak.

Padahal ia bersama 3 anaknya dibebani emas total seberat 25 kilogram milik negara yang disimpan dalam kantong-kantong kecil sebagai ikat pinggang. "Uang itu sudah dikembalikan ke pemerintah melalui Jenderal TNI Abdul Haris Nasution," jelas Vivi.

Wanita perkasa itu telah pergi pagi tadi, Selasa (1 Agustus 2006) tepat setelah azan subuh berkumandang. Mengikuti jejak suami yang wafat setelah azan maghrib. Halimah dikenang putra putrinya sebagai istri yang tidak pernah mengeluh dan sabar pun lembut hati. Ia tidak pernah memarahi Vivi yang tomboi dan selalu memanggil anaknya dengan panggilan, "Geulis (cantik), bageur (baik)..."

Pun saat suami menolak pemberian Presiden Soekarno sebuah rumah di Jalan Diponegoro Nomor 10 Menteng Jakarta Pusat dengan alasan tidak mau menerima sesuatu yang dibayar oleh pajak rakyat. Satu-satunya rumah peninggalan Syafruddin adalah rumah yang kini telah dibagikan kepada anak-anaknya, rumah di Gedung Hijau Raya Pondok Indah Jakarta Selatan di mana ia menutup mata. "Setiap saat melewati Jalan Diponegoro Nomor 39 (rumah yang saat ini ditinggali Gubernur BI), Ibu selalu bilang, rumah siapa ini besar sekali. Padahal itu rumah yang dulu sempat ditinggali," Vivi mengenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar